BELAJAR DARI KEHIDUPAN PAK TANI

Belajarlah dari kehidupan para petani yang damai dan tetap bahagia di tengah-tengah kehidupannya yang sederhana. Sama halnya dengan pola hidup mereka, para petani ini juga bisa memandang dan membatasi pikiran mereka dengan sederhana dan wajar saja.
Bayangkan, mereka menabur benih padi dan meninggalkan sumber hidup mereka itu di sawah dan ladang yang jauh, namun mereka tetap tidur lelap di dipannya sepanjang malam. Bagaimana jika hama menghabiskannya padi-padi itu malam ini? Bagaimana jika banjir dan badai datang, lalu menggagalkan panen?
Jika selalu menghawatirkan hal-hal seperti itu, maka para petani tersebut tidak akan bisa bahagia dalam tidurnya yang lelap. Namun mereka adalah orang-orang yang tau dan mengerti dengan jelas batasannya sebagai manusia.
Mereka bekerja dengan maksimal sepanjang hari dan mengupayakan semua yang terbaik itu sawah dan ladang, lalu sisanya, biar Tuhan saja yang akan menentukan, bukan?
Kisah ini mengajarkan kita untuk selalu bekerja dengan maksimal dalam segala hal yang sedang kita lakukan. Jangan takut gagal dalam melakukan sesuatu karena semua hal tentu ada resikonya. Biarlah tuhan yang menentukan sisahnya.

Comments

Popular posts from this blog

Jodohmu Adalah Cerminan Dirimu, Bukan Cerminan Wajahmu

Di Persimpangan, Obati Luka

Keresahan Jiwa Akibat Tidak Puas Dengan Keadaan