Membina Keberanian Part 2

Pada Postingan sebelumnya PUANG BOS telah membahas tentang Membina Keberanian Part 1, Pada Kesempatan yang berbahagia ini PUANG BOS Akan Melanjutkan Postingan Selanjutnya yaitu Membina Keberanian Part 2, Ayo Kita Ke TKP, Cekidot..

Hidup yang selalu dirundung rasa takut, memang benar-benar merupakan siksaan tersendiri. Tak peduli apakah rasa takut jenis pobia atau atau rasa takut jenis lain, yang menyangkut hubungan antara manusia. Pokoknya semua jenis rasa takut memang tidaklah menyenangkan, Kita tentunya dapat membayangkan, betapa tersiksanya seseorang yang takut menceburkan dirinya dalam kancah pergaulan. Masalah inilah yang sering terjadi dan dan dialami oleh kebanyakan orang. Seseorang yang mengidap dan menderita masalah-masalah tersebut benar-benar merasakan bahwa dunia ini hanya memberikan kesepian. Yang menyebakan dan timbulnya rasa takut dalam pergaulan sebenarnya adalah karena merasa khawatir kalau dirinya mendapat penolakan atau tidak diterimanya dalam suatu pergaulan. Dalam pembahasan-pembahasan mendatang banyak dibicarakan problem ini berikut pemecahannya.

Timbulnya rasa takut yang melanda banyak orang sebenarnya disebabkan oleh pengaruh-pengaruh hidup yang berjeni-jenis dan mempunyai banyak variasi. Tetapi hal yang pokok yang menimbulkan seseorang merasa takut adalah karena belajar dari pengalaman. dalam kehidupan sehari-hari, betapa seringnya kita belajar dan diajari untuk merasa takut. Tak peduli takut kepada binatang, kepada suasana atau kepada orang-orang. Semua itu disebabkan oleh-pengalaman-pengalaman yang sering kita transfer dengan tidak sadar Oleh sebab itu, hati-hatilah dengan didikan-didikan dari lingkungan kita, tentang sikap yang merusak dan hanya membuahkan rasa cemas dalam kehidupan kita.

kegagalan juga merupakan suatu momok dalam kehidupan kita. Masalah semacam ini sering kita alami dan sering pula dialami oleh orang-orang yang hidupnya tak buntung. Kegagalan memang suatu masalah yang tidak menyenangkan, bahkan menyakitkan sekali. Apapun bentuk kegagalan, dan besar kecil, jika ia telah melanda kita maka yang kita perbuat adalah keluahan-keluahan belaka. Seseorang yang sudah dihinggapi perasaan takut akan kegagalan, maka ia sangat enggan untuk melakukan pekerjaan yang tak beruntung itu, Ia jadi hati-hati, dan justru dengan merasa takut pada masalah yang menyakitkan itu, maka ia malah menjadi gagal yang kesekian kalinya.

Rasa takut, betapa kronisnya dan betapa hebatnya masih dapat kita atasi dan kita akan menemukan sesuatu yang berharga yakni keberanian. Sebab rasa takut itu sebenarnya adalah karena cara kita berpikir dan cara kita menanggapi suatu masalah dengan cara salah. Kita selalu berpikir bahwa keadaan suasana, orang atau benda itu membahayakan sehingga terjangkiti perasaan takut atas hal-hal itu. Kita sering dan selalu memusatkan perhatian pada masalah-masalah yang kita rasa sangat menakutkan, sehingga sikap keberanian perlahan-lahan menjadi surut dan sirna.

Pada postingan mendatang, kita akan dihadapkan pada masalah-masalah yang sering terjadi sehubung dengan timbulnya rasa takut. Kemudian kita akan mencoba untuk memecahkan masalah-masalah itu. Di samping hal-hal tersebut, kiranya dibicarakan pula tentang cara-cara latihan dan membiadakan diri agar mempunyai kepribadian yang membebani. Bagaimana kita mempunyai sikap pemberani dalam bergaul, dalam berumah tangga dan dalam melakukan segala usaha, semua dibicarakan secara detail pada postingan-postingan selanjutnya.


Comments

Popular posts from this blog

Jodohmu Adalah Cerminan Dirimu, Bukan Cerminan Wajahmu

Di Persimpangan, Obati Luka

Keresahan Jiwa Akibat Tidak Puas Dengan Keadaan